Selamat Datang

Selamat Datang Di Blog Pramuka Sumedang
=============================================================================

Profil Facebook

Senin, 14 Juli 2008

PENGERTIAN SIFAT DAN FUNGSI KEPRAMUKAAN

PENGERTIAN SIFAT DAN FUNGSI KEPRAMUKAAN
Oleh : Acep K Hidayat Susanto


Pendahuluan

B
oys Scout, gerakan internasional yang bertujuan untuk meningkatkan karakter anak-anak dan remaja untuk melatih mereka supaya dapat bertanggung jawab di masa dewasa nanti. Gerakan ini bermula di Inggris pada tahun 1907 oleh Sir Robert Baden-Powell, yang program-program dasar gerakannya diilhami oleh dua organisasi remaja yang telah lebih dulu terbentuk : Sons of Daniel Boone, didirikan oleh Daniel Carter Beard seorang naturalis-illustrator, dan Woodcraft Indian, yang dipelopori oleh Ernest Thompson Seton seorang penulis Inggris kelahiran Kanada.
Kepanduan telah berkembang pesat di lebih dari 140 negara di dunia. Organisasi-organisasi kepanduan internasional adalah organisasi yang independen tetapi bias bertemu setiap dua tahun sekali dalam Boy Scout World Converence.
Biro kepanduan se dunia (The Boy Scout World Bureau) berada di Jenewa, Swizerland, berfungsi sebagai serikat organisasi. Kegiatan pertemuan besar internasional, yang disebut jamboree dilaksanakan setiap empat tahun sekali.
Sejak dibentuk oleh Sir Robert Baden Powell di Inggris, maka berdirilah banyak organisasi kepanduan di banyak negara, seperti salah satunya di Amerika Serikat pada tahun 1910. setiap pandu mengucapkan sumpah pandu, dan berusaha menadi seorang yang “kuat jasmaninya, kuat mentalnya, dan bermoral baik”. Gerakan Kepanduan adalah tidak bersekte dan tidak mempunyai hubungan khusus dengan dinas militer atau kepentingan politik tertentu.
Organisasi kepanduan adalah kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktunya di alam terbuka. Berkemah adalah merupakan program tetap organisasi, yang terkandung di dalamnya program konservas alam, kehutanan, pertanian dan aksi social serta bhakti pada masyarakat. Sebagai contoh, selama terjadinya Perang Dunia II (1939 – 1945), The Boy Scout berpartisipasi dalam banyak kegiatan sipil. Program-program lainnya antara lain meningkatkan keterampilan dalam pengetahuan tentang hewan dan tumbuhan, berenang, pertolongan pertama, bersemboyan, dan aktivitas lainnya. Motto para pandu adalah “Be Preparred”.
[1]
Jadi apakah kepramukaan itu? menurut Lord Baden Powell yaitu : “Kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus di pelajari dengan tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran-ajaran dan naskah-naskah dari suatu buku. Bukan! Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan bagaikan kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan untuk memberikan pertolongan kepada yang membutuhkannya”.
Dari penjelasan Baden Powell tersebut, kita akan dapat mengambil maknanya, yaitu : Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan. Pendidikan apa? Banyak para pembina yang telah melupakan “hal paling mendasar”, bahwa factor pembinaan watak (mental) adalah yang harus sangat di perhatikan.

Sifat Kepramukaan
Resolusi konferensi kepramukaan sedunia pada tahun 1924, bertempat di Kopenhagen, Denmark, menghasilkan rumusan bahwa kepramukaan mempunyai tiga sifat yaitu :
² Nasional, artinya kepramukaan itu di selenggarakan di masing-masing negara disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara tersebut.
² Internasional, artinya kepramukaan harus dapat mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama anggota kepanduan (pramuka) dan sebagai sesama manusia.
² Universal, artinya kepramukaan itu dapat berlaku untuk siapa saja serta dapat di selenggarakan dimana saja.


Fungsi Kepramukaan
Seperti halnya dengan sifat-sifat kepramukaan, fungsi kepramukaan juga terdiri dari tiga fungsi yaitu :
² Merupakan Kegiatan yang menarik yang mengandung pendidikan, bagi anak-anak, remaja dan pemuda.
² Merupakan suatu pengabdian (job) bagi para anggota dewasa yang merupakan tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian.
² Merupakan alat (means) bagi masyarakat, negara atau organisasi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, alat bagi organisasi atau negara untuk mencapai tujuannya.

Istilah Gerakan Pramuka
Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan suatu wadah proses pendidikan kepramukaan yang ada di Indonesia. Sebelum tahun 1961, di Indonesia pernah berdiri puluhan bahkan sampai ratusan organisasi kepanduan, seperti misalnya : Pandu Rakyat Indonesia (PRI), Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI), Hizbul Wathon (HW), Pandu Kesultanan (PK), Wira Tamtama, dan banyak lainnya.
[2]
Dan sekarang hanya ada satu organisasi kepanduan nasional, yaitu Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana, disingkat Gerakan Pramuka.[3]
Di negara-negara lain, istilah pandu dan kepanduan serta organisasinya berbeda-beda, walaupun mempunyai maksud yang sama[4]. Seperti misalnya :
² Di Malaysia, organisasi kepanduannya adalah Persekutuan Pengakap Malaysia.
² Di Singapura, organisasi kepanduannya adalah The Singapore Scout Association.
² Di Pilifina, organisasi kepanduannya adalah Kapatirang Scouting Philifinas.
² Di India, organisasi kepanduannya adalah The Bharat Scouts and Guides .
² Di Amerika Serikat, organisasi kepanduannya adalah Boys Scout Of Ameroca (BSA).
[1] Be Prepared artinya : selalu siap sedia untuk menolong dan bertindak.
[2] Untuk lebih jelasnya mengenai organisasi-organisasi kepanduan yang pernah ada di Indonesia, disarankan membaca materi mengenai sejarah kepanduan di Indonesia.
[3] Berdasarkan Keppres No. 238/1961 Tentang Gerakan Praja Muda Karana yang menggabungkan semua organisasi kepanduan yang ada, kecuali yang berhaluan kiri (komunis).
[4] Istilah Scouting, Padvinder, Kepanduan, dam Kepramukaan merupakan suatu pengertian yang sama.

0 Comments: